Tuesday, May 16, 2017

CARA MUDAH BUDIDAYA KENCUR DALAM POT ATAU POLYBAG



Kencur atau dalam bahasa latin Kaempferia galanga merupakan salah satu jenis tanaman obat atau empon-empon yang masuk dalam suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. Kencur merupakan tanaman rimpang yang dapat tumbuh dengan subur pada dataran rendah ataupun pegunungang yang memiliki tanah gembur dengan kadar air yang tidak terlalu banyak. Pada musim penghujan kencur akan tumbuh dengan baik, Kencur memiliki banyak menfaat karena kandungan zat kimia pada kencur tersebut. Berikut adalah kandungan zat kimia pada kencur: pati (4,14 %), mineral (13,73 %), minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid serta gom.

Banyak orang yang mulai membudidayakan kencur ini, namun bagi anda yang tidak memiliki lahan, anda dapat melakukan penanaman kencur dalam pot, polybag ataupun karung. Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Kencur dalam Pot, Polybag Atau Karung :



a. Persiapan Bibit Kencur
Pilihlah bibit kencur yang berkualitas agar kencur yang dihasilkan juga berkualitas. Pilihlah rimpang kencur yang tua yaitu telah berumur sekitar 10 bulan, telah memiliki calon tunas (minimal dua calon tunas). Siapkan rimpang-rimpang tersebut sesuai dengan kebutuhan atau jumlah polybag, pot atau karung tanam.
Setelah rimpang untuk bibit diperoleh, letakkan bibit-bibit tersebut pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung selama beberapa hari hingga siap tanam.

b. Persiapan Polybag, Pot atau Karung Tanam Serta Media Tanam
Siapkan polybag atau pot yang berukuran agak besar, jika anda ingin yang lebih besar anda dapat menggunakan karung. Setelah siap, selanjutnya isikan media tanam kedalamnya. Media tanam tersebut yaitu berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, bisa juga campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 4 : 1. Setelah diisi media tanam, letakkan polybag, pot arau karung tanam tersebut pada tempat yang teduh selama sekitar 1 hingga 2 hari sampai kondisi tanah stabil.

c. Penanaman Kencur Dalam Polybag, Pot arau Karung Tanam
Setelah semuanya siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam sedalam 5 hingga 7 cm atau disesuaikan dengan panjang rimpang bibit kencur menggunakan pisau atau yang lainnya. Dalam satu media tanam, ditanami 2 rimpang bibit dengan jarak penanaman sekitar 10 cm hingga 15 cm. Posisi penanaman yaitu bagian calon tunas menghadap keatas.

d. Pemeliharaan Tanaman Kencur Dalam Polybag, Pot arau Karung Tanam.
Lakukan perawatan pada tanaman berupa penyiranaman secara rutin yaitu 2 kali sehari pada pagi dan sore hari apabila tidak hujan. Agar lebih sehat maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos saja. Jika ada rumput yang tumpuh disekitar tanaman maka segera bersihkan dengan cara mencabutnya. Hama yang sering menyerang tanaman kencur adalah ulat pemakan daun, pengendalian hama ini dapat dilakukan secara manual yaitu dengan mengambil bagian yang terserang hama tersebut kemudian hama tersebut dimatikan.


e. Pemanenan Kencur
Kencur sudah dapat dipanen pada usia 6 hingga 12 bulan. Masa panen biasanya ditandai dengan daun tanaman yang menguning dan sudah mulai berjatuhan atau gugur. Pemanenan dilakukan dengan cara menggali atau membongkar rimpang menggunakan cangkul atau alat yang lain lalu patahkan atau potong rimpang, sisa dari potongan rimpang dapat dibiarkan untuk masa tanam berikutnya, tapi jika dibiarkan untuk musim tanam berikutnya kemungkinan yang terjadi rimpang akan busuk dan akan menurun kadar patinya. Selain rimpangnya, daun mudanya juga dapat dimanfaakan sebagai lalapan atau daun-daunan dalam pecel.

26 comments:

  1. Aku jadi teringat pernah mencoba berkebun kencur juga jahe di halaman belakang rumah, kak.

    Saat panen, meski hanya beberapa tamanan, senengnya minta ampun .. hahahah ..
    Terus hasil panennya kubuat minuman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah yang bener? Besuk saya cek lhoo...

      Delete
    2. Beneran, mas ...

      Sini .. main sinii, mas Asnaji.
      Terus, kita ngejus jahe barengan 😁

      Delete
  2. Wahhh sering banget nanem yang didalam polybag sih, tapi sekarang udah pake botol yang di bolong bolongin dan plastik yang tak terpakai wuehehe

    ReplyDelete
  3. Ini blog keren dah, ada cara bercocok tanam, jadi bisa nambah pengetahuan tentang menanam kencur, kencur ini kadang susah-susah gampang juga nanamnya, tetapi setelah ketemu blog ini jadi gampang rasanya,he-he 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menginspirasi juga kalau mau nanam nanam gitu wuehehe :D

      Delete
  4. Saya sering minum ramuan kencur dan kunyit kalau lagi sakit menstruasi, lumayan ngaruh ngurangin nyeri.

    ReplyDelete
  5. Sekarang harga kencur mahal da masa penanaman dan panennya lama. Beli kencur di warung dalam kemasan plastik kecil seharga 500 rupiahm dapat yang kecil dan masih muda. Sebaiknya saya beli di pasar yang ukuran besar untuk ditanam agar hasilnya maksimal. Kesal juga pada suami karena kala saya nanam kencur, eh, malah kecangkul tak sengaja, jadinya harus nanam di polybag saja dan disimpan di tempat teduh lalu dipindahkan ke tempat bercahaya matahari jika sudah pada saatnya.
    Lumayan, nanam kencur untuk keperluan dapur. lain kali akan ker toko pertanian, moga bisa beli polybag besar yang murah.
    Maaf, baru bisa mampir sekarang. :)

    ReplyDelete
  6. kencur memang termasuk tanaman yang cukup mudah tumbuh, dan lahan juga universal gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah nyobain nanam kencur, mister Wicks ?.

      Tumbuh subur, ngga ?.

      Kalau kurang subur, praktekin cara-caranya yang doulas yach .. ;)

      Delete
    2. gak pernah nanam om, palingan saya letakin di pingiran kebun cabe aja, eh,, udah pada tumguh, wkwkwkw......

      Delete
  7. Di larang promosi tanpa ijin admin...

    ReplyDelete
  8. kencur buat mecel dan ngurap

    ReplyDelete
  9. Menarik infonya. Memang mslh dlm perawatan kencur ini adalah hama ulat yg cpt sekali menyebar jika sumbernya dibiarkan

    ReplyDelete
  10. Wahhh bisa ya menanam seperti ini, saya kita hanya didalam tanah saja hehehe

    ReplyDelete
  11. Ditempat saya juga lagi ramai model menanam seperti ini. Masa panennya tergolong lama juga ya

    ReplyDelete
  12. Tanganku ga cakap buat tanam-menanam seperti ini. papahku tuh yang rajinnya pake banget urusan beginian, sampe banyak koleksi tanamannya :) Kencur enaknya buat bumbu gado2 ya harum jadinya tuh makanan hhhmmm... Dikirain cuma di tanah aja bisa hidup, ternyata di polybag juga bisa.

    ReplyDelete
  13. Makasi kak artikelnya bantu banget aku yanh mau coba budidaya kencur..semoga ja berhasil

    ReplyDelete
  14. wah bisa jadi bahan pelajaran juga nich, biar bisa tanam di rumah

    ReplyDelete
  15. kebun produktif dengan tanaman yang bermanfaat

    ReplyDelete
  16. DUh jadi pengen punya tanah supaya bisa tanem tanem kencur dan segala macam sayur-sayuran ,,

    ReplyDelete
  17. Wah artikel ttg kencur menarik jg nih.. Kl bwli di warung suka ga ada pdhl kadang suka butuh jg buat bumbu...bisa jg ya ditanam dipot gt ya... Soalnya halamn sy swmpit ga ada tanah udh di paving block sih.

    ReplyDelete
  18. Aku juga menanam kencur, tapi di pot. Sewaktu-waktu butuh untuk bumbu dapur tinggal ambil

    ReplyDelete
  19. Waaaah jd pengen coba budidaya kencur nih.. Kmrin baru nyoba nanem biji semangka eh tumbuh subur. Wkwkwk

    ReplyDelete
  20. baiknya kencur itu ditanam di tanah langsung kalau punya pekarangannya, tapi kalau tidaqk punya lahan ya di polibag juga bagus

    ReplyDelete